Manajemen Bisnis
Pengertian Manajemen Bisnis
Manajemen bisnis yaitu kegiatan merencanakan, mengerjakan, dan mengawasi suatu bisnis atau usaha. Tujuan dari aktivitas ini agar tujuan usaha bisa tercapai. Manajemen ini juga bisa diartikan segala usaha yang dilakukan sesuai dengan rencana semata untuk mencapai target penjualan.
Artinya tanpa adanya proses manajemen tidak mungkin keuntungan penjualan bisa didapatkan. Manajemen pada usaha mengalokasikan segala kebutuhan secara menyeluruh untuk berbagai hal.
Fungsi Manajemen Bisnis
• Planning
Fungsi pertama adalah planning, sebelum membangun sebuah usaha tentunya dibutuhkan perencanaan usaha seperti, pemasaran, promosi produk, produk yang dijual, pembukuan keuangan dan dokumentasi arsip, dan lainnya. Planning ini harus didokumentasikan dengan baik karena akan jadi patokan aktivitas usaha nantinya.
• Organizing
Organizing erat kaitannya dengan sumber daya manusia yaitu pekerja. Setelah planning dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat kelompok kerja. Kelompok kerja ini berisi orang-orang yang diberi tugas dengan porsi sama. Seperti misalnya tim administrasi, pemasaran, lapangan, dan lainnya. Proses penilaian hasil kerja juga jadi mudah. Pemimpin akan mudah menilai apakah pekerjanya telah bekerja sesuai keahliannya atau tidak.
• Staffing
Staffing mencakup seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan seperti, mesin, bahan baku, sarana pendukung, dan lainnya. Sumber daya harus diatur dalam penggunaannya dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Hal hanya bisa dilakukan apabila perusahaan memakai manajemen yang baik. Hal seperti ini yang sering mengakibatkan keuangan perusahaan jadi merugi. Akhirnya, bisnis yang ada pun terancam bangkrut.
• Directing
Fungsi keempat adalah directing yang erat kaitannya dengan pengarahan. Disini tindakan pimpinan memegang posisi penting sebagai penyemangat tim agar bekerja sesuai perencanaan. Bukan hal yang aneh apabila di tengah jalannya perencanaan semangat pekerja malah turun. Apabila hal ini terjadi maka pimpinan harus segera turun untuk memberikan pemahaman dan pengarahan.
• Controlling
Controlling merupakan pengawasan apakah sistem kerja telah dilaksanakan dengan sesuai atau tidak. Dengan controlling akan terlihat poin-poin penting yang harus dievaluasi dan dicatat. Sekaligus juga dapat terlihat hambatan-hambatan yang ada. Controlling tidak harus dilakukan langsung oleh pimpinan, tapi bisa juga oleh ketua tim.
Dasar-Dasar Manajemen Bisnis
• Manusia
Sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting di dalam sebuah perusahaan. Selain itu, pemimpin perusahaan juga harus pintar dalam mengelola SDM atau karyawan tersebut dengan sangat baik.
• Operasi
Di balik produk yang sudah dibuat dengan sedemikian rupa lalu diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat ada kegiatan operasi yang berjalan dengan ketat. Mengelola rantai pasokan dengan baik serta memastikan produksi dapat sesuai permintaan dalam batas waktu yang ditentukan tentu sangat penting untuk keberhasilan sebuah bisnis, walaupun kelihatannya memang agak kompleks.
• Akuntansi
Laporan keuangan dalam sebuah bisnis tentu sangat penting untuk menjaga keseimbangan bisnis. Untuk itu, akuntansi menjadi dasar yang harus kamu ketahui saat hendak menjalankan bisnis. Di dalam akuntansi,Anda akan belajar bagaimana membaca, menganalisis, dan menyiapkan laporan keuangan. Keterampilan ini penting untuk diketahui ketika kamu berencana untuk memulai bisnis ataupun sudah menjalankan bisnis.
• Strategi
Mempunyai strategi tersendiri dalam menjalankan bisnis akan membuat bisnismu dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Pasalnya, di dalam bisnis terdapat banyak sekali kompetitor dengan beragam keunggulan yang dimiliki. Melihat hal tersebut, Anda harus mempunyai strategi khusus agar dapat unggul dari kompetitor.
• Keuangan
Pertumbuhan bisnis mungkin memerlukan modal, investasi dan lain-lain. Dengan begitu, mengatur keuangan dengan baik tentu dapat memastikan pertumbuhan bisnis berjalan dengan baik ke depannya.
• Marketing
Marketing atau pemasaran tidak hanya sekadar mengiklankan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Lebih dari itu, Anda juga harus berinteraksi dengan customer Anda. Tanyakan kepada mereka mengenai apa masalah dan keinginan mereka. Setelah mengetahui semua itu, pikirkanlah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah customer. Dalam manajemen pemasaran kamu akan mempelajari berbagai banyak hal, termasuk segmentasi, penargetan, positioning produk, dan lain-lain.
Contoh Penerapan Manajemen Bisnis yang Baik
Manajemen bisnis bisa berjalan dengan baik kalau beberapa poin di bawah ini diterapkan, bahkan sebelum usaha mulai dibuat.
• Memahami jenis usaha yang dilakukan sejak awal. Anda harus bisa mendeskripsikannya dengan baik mulai dari lokasi sampai kemungkinan hambatan yang akan terjadi.
• Melakukan analisis produk dan persaingan dagang yang akan terjadi. Analisis dibutuhkan untuk menentukan aneka strategi baik dalam membuat produk sampai ke ranah promosi.
• Melakukan pemasaran yang tepat. Pemasaran bisa dilakukan ke media sosial atau membuat konten baik tulisan atau video.
• Selalu melakukan pengecekan pada laporan keuangan. Kalau belum ada orang yang bekerja sebagai akuntan, bisa menggunakan aplikasi akuntansi agar proses pencatatan berjalan dengan baik.
• Selalu melakukan evaluasi pada produk dan SDM pada jangka waktu tertentu. Evaluasi dilakukan untuk meminimalkan kesalahan yang lebih parah.
Post Comment
You must be logged in to post a comment.